Format Analisis Keterkaitan KI dan KD dengan IPK dan Materi Pembelajaran



Format Analisis Keterkaitan KI dan KD dengan IPK dan Materi Pembelajaran

Mata Pelajaran         :  IPS
Kelas                            :  VII
Semester                     :  Ganjil dan Genap

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran / Topik / Subtopik
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1 Memahami konsep ruang (lokasi,  distribusi, potensi, iklim, bentuk  muka bumi, geologis, flora, dan fauna)  dan interaksi antarruang di Indonesia  serta pengaruhnya  terhadap  kehidupan manusia dalam aspek  ekonomi, sosial, budaya, dan  pendidikan. 
·         Menjelaskan pengertian konsep ruang;
·         Menjelaskan pengertian interaksi antarruang;
·         Menyebutkan contoh interaksi keruangan antar wilayah di indonesia;
·         Menyebutkan contoh interaksi keruangan yang terjadi di wilayahnya;
·         Menjelaskan  kondisi  saling  bergantung  yang  diperlukan  untuk terjadinya interaksi antarruang;
·         Menyebutkan contoh kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang;
·         Menunjukkan unsur-unsur atau komponen peta;
·         Menyebutkan letak indonesia secara astronomis;
·         Menyebutkan letak indonesia secara geografis;
·   Kondisi geografis Indonesia (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora dan fauna) melalui peta rupa bumi
·   Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
·   Sumber Daya Manusia
-      jumlah, sebaran, dan komposisi;
-      pertumbuhan;
-      kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
-      keragaman etnik (aspek-aspek budaya
·         Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Indonesia)
·         Dampak interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk)
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
4.1 Menjelaskan konsep ruang (lokasi,  distribusi, potensi, iklim, bentuk  muka bumi, geologis, flora dan fauna)  dan interaksi antarruang di Indonesia  serta pengaruhnya terhadap  kehidupan manusia Indonesia dalam  aspek ekonomi, sosial, budaya, dan  pendidikan. 
·         Menjelaskan implikasi letak Indonesia terhadap aspek ekonomi;
·         Menjelaskan implikasi letak Indonesia secara sosial dan budaya;
·         Menjelaskan implikasi letak Indonesia secara geologis;
·         Menjelaskan potensi sumber daya alam berupa hutan di Indonesia;
·         Menjelaskan potensi sumber daya alam berupa sumber daya tambang;
·         Menjelaskan potensi sumber daya perikanan laut Indonesia;
·         Menjelaskan potensi sumber daya hutan mangrove di Indonesia;
·         Menjelaskan potensi sumber daya terumbu karang di Indonesia;
·         Membandingkan  jumlah  penduduk  Indonesia  diantara  penduduk negara lainnya di dunia;
·         Menjelaskan pola sebaran penduduk Indonesia;
·         Menjelaskan komposisi penduduk Indonesia menurut usia;
·         Menjelaskan komposisi penduduk Indonesia menurut jenis kelamin;
·         Menjelaskan perkembangan angka pertumbuhan penduduk Indonesia;
·         Menjelaskan kualitas penduduk Indonesia;
·         Menunjukkan keragaman rumah adat di Indonesia;
·         Menunjukkan keragaman pakaian adat di Indonesia;
·         Menunjukkan keragaman tarian di Indonesia;
·         Menjelaskan kondisi geologi Indonesia;
·         Menjelaskan kondisi bentuk muka bumi Indonesia;
·         Menjelaskan kondisi iklim di Indonesia;
·         Menjelaskan keragaman flora di Indonesia;
·         Menjelaskan keragaman fauna di Indonesia; dan
·         Menjelaskan bentuk-bentuk perubahan akibat interaksi antarruang.
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.2 Mengidentifikasi interaksi sosial  dalam ruang dan pengaruhnya  terhadap kehidupan sosial, ekonomi,  dan budaya dalam nilai dan norma  serta kelembagaan sosial budaya.     
·         Menjelaskan pengertian interaksisosial
·         Menjelaskan syarat-syarat interaksisosial
·         Menjelaskan bentuk interaksisosial yang asosiatif
·         Menjelaskan bentukinteraksisosial yang disosiatif
·         Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial
·         Menjelaskan pengertian lembaga sosial
·         Menjelaskan jenis-jenis lembaga sosial
·         Menjelaskan fungsi lembaga sosial
·      Interaksi sosial: pengertian, syarat, dan bentuk (akomodasi, kerjasama, asimilasi).
·      Pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial, budaya, ekonomi, pendidikan dan politik.
·      Lembaga sosial: pengertian, jenis dan fungsi (ekonomi, pendidikan, budaya, dan politik).
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
4.2 Menyajikan hasil identifikasi tentang  interaksi sosial dalam ruang dan  pengaruhnya terhadap kehidupan  sosial, ekonomi, dan budaya dalam  nilai dan norma serta kelembagaan  sosial budaya.     
·         Menyajikan hasil identifikasi tentang interaksisosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.3 Memahami konsep interaksi antara  manusia dengan ruang sehingga  menghasilkan berbagai kegiatan  ekonomi (produksi, distribusi,  konsumsi, permintaan, dan  penawaran) dan interaksi antarruang  untuk keberlangsungan kehidupan  ekonomi, sosial, dan budaya  Indonesia. 
·         Menjelaskan kelangkaan sebagai permsalahan ekonomi manusia
·         Menyebutkan jenis-jenis kebutuhan manusia
·         Menjelaskan hubungan antara tindakan, motif dan prinsip ekonomi
·         Menjelaskan kegiatan produksi
·         Menjelaskan kegiatan distribusi
·         Menjelaskan kegiatan konsumsi
·         Konsep kebutuhan dan kelangkaan (motif, prinsip, dan tindakan ekonomi).
·         Kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi) kaitannya denganperkembangan iptek.
·         Permintaan, penawaran, harga, dan pasar.
·         Peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia.
·         Hubungan antara kelangkaan, permintaan-penawaran, dan harga untuk mewujudkankesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia.
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
4.3 Menjelaskan hasil analisis tentang  konsep interaksi antara manusia  dengan ruang sehingga menghasilkan  berbagai kegiatan ekonomi (produksi,  distribusi, konsumsi, permintaan, dan  penawaran) dan interaksi antarruang  untuk keberlangsungan kehidupan  ekonomi, sosial, dan budaya  Indonesia. 
·         Menjelaskan kaitan antara permintaan, penawaran dan harga
·         Menjelaskan peran pasar bagi kehidupan masyarakat
·         Menjelaskan peran IPTEK dalam kegiatan ekonomi
·         Menjelaskan peran kewirausahaa dalam membangun ekonomi Indonesia
·         Menjelaskan hubungan antara kelangkaan dengan permintaan-penawaran untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.4 Memahami kronologi perubahan, dan  kesinambungan dalam kehidupan  bangsa Indonesia pada aspek politik,  sosial, budaya, geografis, dan  pendidikan sejak masa praaksara  sampai masa Hindu-Buddha dan  Islam. 
·         Memahami periodesasi masa praaksara di Indonesia
·         Memahami perkembangan  masyarakat  Indonesia  pada masa praaksara
·         Memahami perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Hindu-Buddha
·         Memahami perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Islam
·      Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa praaksara secara kronologis.
·      Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa Hindu Buddha  secara kronologis.
·      Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa Islam secara kronologis.

KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
4.4 Menguraikan kronologi perubahan,  dan kesinambungan dalam  kehidupan bangsa Indonesia pada  aspek politik, sosial, budaya,  geografis, dan pendidikan sejak masa  praaksara sampai masa Hindu- Buddha dan Islam.
·         Mengidentifikasi periodesasi masa praaksara di Indonesias
·         Mendeskripsikan  perkembangan  masyarakat  Indonesia  pada  masa Praaksara
·         Mendeskripsikan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Hindu- Buddha
·         Mendeskripsikan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Islam
Mengetahui
KepalaSekolah
Bandar Lampung,   17 Juli 2017
Guru Mata Pelajaran




HJ.RATNASARI,S.Pd.MM.
NIP.19620818 198609 2 001
NI KOMANG SUHADNYANI,S.E.
NIP.19801011 200604 2 013


                                                                                                                                                                                                     

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LKPD dengan Bahan Ajar Materi Lembaga Sosial

Bahan Ajar Dinamika Sosial (IPS SMP Kelas 8 ) @SMPN8Bandarlampung

Tugas Mata Pelajaran IPS , Kelas 8