Format Analisis Keterkaitan KI dan KD dengan IPK dan Materi Pembelajaran
Format
Analisis Keterkaitan KI dan KD dengan IPK dan Materi Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPS
Kelas : VII
Semester : Ganjil dan Genap
|
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
/ Topik / Subtopik
|
|
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1
Memahami konsep ruang (lokasi,
distribusi, potensi, iklim, bentuk
muka bumi, geologis, flora, dan fauna)
dan interaksi antarruang di Indonesia
serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
|
·
Menjelaskan
pengertian konsep ruang;
·
Menjelaskan
pengertian interaksi antarruang;
·
Menyebutkan
contoh interaksi keruangan antar wilayah di indonesia;
·
Menyebutkan
contoh interaksi keruangan yang terjadi di wilayahnya;
·
Menjelaskan
kondisi saling
bergantung yang diperlukan
untuk terjadinya interaksi antarruang;
·
Menyebutkan
contoh kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi
antarruang;
·
Menunjukkan
unsur-unsur atau komponen peta;
·
Menyebutkan
letak indonesia secara astronomis;
·
Menyebutkan
letak indonesia secara geografis;
|
· Kondisi geografis
Indonesia (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora
dan fauna) melalui peta rupa bumi
· Potensi Sumber Daya
Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
· Sumber Daya Manusia
-
jumlah,
sebaran, dan komposisi;
-
pertumbuhan;
-
kualitas
(pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
-
keragaman
etnik (aspek-aspek budaya
·
Interaksi
antarruang (distribusi potensi wilayah Indonesia)
·
Dampak
interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk)
|
|
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
|
4.1
Menjelaskan konsep ruang (lokasi,
distribusi, potensi, iklim, bentuk
muka bumi, geologis, flora dan fauna)
dan interaksi antarruang di Indonesia
serta pengaruhnya terhadap
kehidupan manusia Indonesia dalam
aspek ekonomi, sosial, budaya, dan
pendidikan.
|
·
Menjelaskan
implikasi letak Indonesia terhadap aspek ekonomi;
·
Menjelaskan
implikasi letak Indonesia secara sosial dan budaya;
·
Menjelaskan
implikasi letak Indonesia secara geologis;
·
Menjelaskan
potensi sumber daya alam berupa hutan di Indonesia;
·
Menjelaskan
potensi sumber daya alam berupa sumber daya tambang;
·
Menjelaskan
potensi sumber daya perikanan laut Indonesia;
·
Menjelaskan
potensi sumber daya hutan mangrove di Indonesia;
·
Menjelaskan
potensi sumber daya terumbu karang di Indonesia;
·
Membandingkan jumlah
penduduk Indonesia diantara
penduduk negara lainnya di dunia;
·
Menjelaskan
pola sebaran penduduk Indonesia;
·
Menjelaskan
komposisi penduduk Indonesia menurut usia;
·
Menjelaskan
komposisi penduduk Indonesia menurut jenis kelamin;
·
Menjelaskan
perkembangan angka pertumbuhan penduduk Indonesia;
·
Menjelaskan
kualitas penduduk Indonesia;
·
Menunjukkan
keragaman rumah adat di Indonesia;
·
Menunjukkan
keragaman pakaian adat di Indonesia;
·
Menunjukkan
keragaman tarian di Indonesia;
·
Menjelaskan
kondisi geologi Indonesia;
·
Menjelaskan
kondisi bentuk muka bumi Indonesia;
·
Menjelaskan
kondisi iklim di Indonesia;
·
Menjelaskan
keragaman flora di Indonesia;
·
Menjelaskan
keragaman fauna di Indonesia; dan
·
Menjelaskan
bentuk-bentuk perubahan akibat interaksi antarruang.
|
|
|
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.2
Mengidentifikasi interaksi sosial
dalam ruang dan pengaruhnya
terhadap kehidupan sosial, ekonomi,
dan budaya dalam nilai dan norma
serta kelembagaan sosial budaya.
|
·
Menjelaskan
pengertian interaksisosial
·
Menjelaskan
syarat-syarat interaksisosial
·
Menjelaskan
bentuk interaksisosial yang asosiatif
·
Menjelaskan
bentukinteraksisosial yang disosiatif
·
Menjelaskan
pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial
·
Menjelaskan
pengertian lembaga sosial
·
Menjelaskan
jenis-jenis lembaga sosial
·
Menjelaskan
fungsi lembaga sosial
|
·
Interaksi
sosial: pengertian, syarat, dan bentuk (akomodasi, kerjasama, asimilasi).
·
Pengaruh
interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial, budaya, ekonomi,
pendidikan dan politik.
·
Lembaga
sosial: pengertian, jenis dan fungsi (ekonomi, pendidikan, budaya, dan
politik).
|
|
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
|
4.2
Menyajikan hasil identifikasi tentang
interaksi sosial dalam ruang dan
pengaruhnya terhadap kehidupan
sosial, ekonomi, dan budaya dalam
nilai dan norma serta kelembagaan
sosial budaya.
|
·
Menyajikan
hasil identifikasi tentang interaksisosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap
kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan
sosial budaya
|
|
|
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.3
Memahami konsep interaksi antara
manusia dengan ruang sehingga
menghasilkan berbagai kegiatan
ekonomi (produksi, distribusi,
konsumsi, permintaan, dan
penawaran) dan interaksi antarruang
untuk keberlangsungan kehidupan
ekonomi, sosial, dan budaya
Indonesia.
|
·
Menjelaskan
kelangkaan sebagai permsalahan ekonomi manusia
·
Menyebutkan
jenis-jenis kebutuhan manusia
·
Menjelaskan
hubungan antara tindakan, motif dan prinsip ekonomi
·
Menjelaskan
kegiatan produksi
·
Menjelaskan
kegiatan distribusi
·
Menjelaskan
kegiatan konsumsi
|
·
Konsep
kebutuhan dan kelangkaan (motif, prinsip, dan tindakan ekonomi).
·
Kegiatan
ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi) kaitannya denganperkembangan iptek.
·
Permintaan,
penawaran, harga, dan pasar.
·
Peran
kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia.
·
Hubungan
antara kelangkaan, permintaan-penawaran, dan harga untuk
mewujudkankesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia.
|
|
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
|
4.3
Menjelaskan hasil analisis tentang
konsep interaksi antara manusia
dengan ruang sehingga menghasilkan
berbagai kegiatan ekonomi (produksi,
distribusi, konsumsi, permintaan, dan
penawaran) dan interaksi antarruang
untuk keberlangsungan kehidupan
ekonomi, sosial, dan budaya
Indonesia.
|
·
Menjelaskan
kaitan antara permintaan, penawaran dan harga
·
Menjelaskan
peran pasar bagi kehidupan masyarakat
·
Menjelaskan
peran IPTEK dalam kegiatan ekonomi
·
Menjelaskan
peran kewirausahaa dalam membangun ekonomi Indonesia
·
Menjelaskan
hubungan antara kelangkaan dengan permintaan-penawaran untuk meningkatkan
kesejahteraan manusia.
|
|
|
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.4
Memahami kronologi perubahan, dan
kesinambungan dalam kehidupan
bangsa Indonesia pada aspek politik,
sosial, budaya, geografis, dan
pendidikan sejak masa praaksara
sampai masa Hindu-Buddha dan
Islam.
|
·
Memahami
periodesasi masa praaksara di Indonesia
·
Memahami
perkembangan masyarakat Indonesia
pada masa praaksara
·
Memahami
perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Hindu-Buddha
·
Memahami
perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Islam
|
·
Perubahan
dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa praaksara secara kronologis.
·
Perubahan
dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa Hindu Buddha secara kronologis.
·
Perubahan
dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa Islam secara kronologis.
|
|
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
|
4.4
Menguraikan kronologi perubahan, dan
kesinambungan dalam kehidupan bangsa
Indonesia pada aspek politik, sosial,
budaya, geografis, dan pendidikan
sejak masa praaksara sampai masa
Hindu- Buddha dan Islam.
|
·
Mengidentifikasi
periodesasi masa praaksara di Indonesias
·
Mendeskripsikan perkembangan masyarakat
Indonesia pada masa Praaksara
·
Mendeskripsikan
perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Hindu- Buddha
·
Mendeskripsikan
perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Islam
|
|
Mengetahui
KepalaSekolah
|
Bandar
Lampung, 17 Juli 2017
Guru
Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
HJ.RATNASARI,S.Pd.MM.
NIP.19620818 198609 2
001
|
NI
KOMANG SUHADNYANI,S.E.
NIP.19801011
200604 2 013
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar