prota 2017/2018



PROGRAM TAHUNAN
                                                                                                  
Mata Pelajaran          :    IPS
Satuan Pendidikan    :    SMP 8 BANDAR LAMPUNG
Kelas / Semester       :    VII
Tahun Pelajaran        :    2017/2018

Kompetensi Inti :

KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2
:
 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


NO
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI WAKTU
1
A.    Manusia, Tempat, Dan Lingkungan
3.1  Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.
1.1  Menyajikan hasil telaah konsep ruang konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.
40 JP

B.     Interaksi Sosial Dan Lembaga Sosial
3.2  Menganalisis interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan sosial budaya 
1.2  Menyajikan hasil analisis tentang   interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan sosial budaya
28  JP
2
C.     Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan
3.3  Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi 
1.3  Menyajikan hasil analisis interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi

32 JP
D.    Masyarakat Indonesia Pada Masa Praaksara Hindu-Budha dan Islam
3.4  Memahami berpikir kronologi, perubahan dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
1.4  Menyajikan hasil analisis kronologi, perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam
32 JP
                                                                                                         


     
Mengetahui
KepalaSekolah
Bandar Lampung,   17 Juli 2017
Guru Mata Pelajaran




HJ.RATNASARI,S.Pd.MM.
NIP.19620818 198609 2 001
NI KOMANG SUHADNYANI,S.E.
NIP.19801011 200604 2 013





Komentar

Postingan populer dari blog ini

LKPD dengan Bahan Ajar Materi Lembaga Sosial

Bahan Ajar Dinamika Sosial (IPS SMP Kelas 8 ) @SMPN8Bandarlampung

Tugas Mata Pelajaran IPS , Kelas 8