prota 2017/2018
PROGRAM
TAHUNAN
Mata Pelajaran : IPS
Satuan Pendidikan : SMP
8 BANDAR
LAMPUNG
Kelas / Semester : VII
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Kompetensi Inti :
|
KI 1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
|
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
|
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
|
|
KI 4
|
:
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
|
1
|
A. Manusia, Tempat, Dan Lingkungan
|
|
|
3.1
Memahami konsep ruang (lokasi,
distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan
interaksi antarruang di
Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.
1.1 Menyajikan hasil telaah
konsep ruang konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim,
bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di
Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi,
sosial, budaya dan pendidikan.
|
40 JP
|
|
|
|
B.
Interaksi Sosial Dan Lembaga
Sosial
|
|
|
3.2 Menganalisis
interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial,
ekonomi, dan budaya dalam nilai dan
norma, serta kelembagaan sosial budaya
1.2
Menyajikan
hasil analisis tentang interaksi
sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap
kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan
sosial budaya
|
28 JP
|
|
|
2
|
C.
Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi
Kebutuhan
|
|
|
3.3 Menganalisis
konsep interaksi antara manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
politik yang menghasilkan berbagai
kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi
1.3
Menyajikan
hasil analisis interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan
ekonomi dalam lingkup provinsi
|
32 JP
|
|
|
D.
Masyarakat Indonesia Pada Masa Praaksara Hindu-Budha dan Islam
|
||
|
3.4 Memahami
berpikir kronologi, perubahan dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa
Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya,
geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan
Islam.
1.4 Menyajikan hasil
analisis kronologi, perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa
Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis dan pendidikan sejak
masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam
|
32 JP
|
|
|
Mengetahui
KepalaSekolah
|
Bandar
Lampung, 17 Juli 2017
Guru
Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
HJ.RATNASARI,S.Pd.MM.
NIP.19620818
198609 2 001
|
NI
KOMANG SUHADNYANI,S.E.
NIP.19801011
200604 2 013
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar