kisi kisi ips SMP GANJIL KELAS 8 K13 TP.2018-2019
|
8
K 13
|
Jenis
Sekolah : Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kurikulum : K-2013
Kelas :
VIII (Delapan)
Tahun Ajaran : 2018/2019
|
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Bahan Kls/
Semester
|
Konten/Materi
|
Level Kognitif
|
Indikator Soal
|
Nomor
Soal
|
|
1.
|
3.1
Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan
negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi,
ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan
kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.
|
VIII/Ganjil
|
·
Kondisi geografis Negara-negara ASEAN (letak
dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora dan fauna)
melalui peta rupa bumi
|
|
·
Menyebutkan negara-negara yang termasuk dalam
Negara ASEAN
·
Menyebutkan negara-negara yang termasuk dalam inisiator
berdirinya ASEAN
·
Memahami letak astronomis ASEAN
·
Memahami letak geografis ASEAN berdasarkan
garis lintangnya
·
Memahami letak geografis ASEAN
·
Memahami letak geologis ASEAN
·
Memahami ciri-ciri bentuk secara geografis
negara ASEAN
·
Memahami letak geologis ASEAN
·
Memahami kondisi iklim negara-negara ASEAN
·
Memahami rupa bumi
negara-negara ASEAN
·
Memahami tata air
negara-negara ASEAN
·
Memahami flora
negara-negara ASEAN
·
Memahami fauna di
negara-negara ASEAN
|
1,2
3
4
5
6
7
8
9
10
11, 12
13
14,15
16
|
|
·
Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya,
penyebaran di darat dan laut)
|
|
·
Memahami konsep sumber daya alam
·
Memahami penyebaran berbagai jenis sumber daya
alam yang ada di negara-negara ASEAN di darat maupun di laut
|
17
18,19
20,21
|
|||
|
·
Sumber Daya Manusia
-
jumlah, sebaran, dan komposisi;
-
pertumbuhan;
-
kualitas (pendidikan, kesehatan,
kesejahteraan
-
keragaman etnik (aspek-aspek budaya
|
|
·
Memahami berbagai etnik yang ada di Indonesia
dan negara-negara di ASEAN
|
22, 23
|
|||
|
·
Interaksi antarruang wilayah
Negara-negara ASEAN)
|
|
·
Memahami pengertian dari kerjasama
·
Memahami faktor pendorong kerjasama ASEAN
·
Memahami faktor penghambat kerjasama ASEAN
|
24
25, 26
27, 28
|
|||
|
·
Bentuk-bentuk kerjasama ASEAN
|
|
·
Mengidentifikasi kerjasama dibidang sosial
budaya
·
Memahami manfaat kerjasama dibidang politik
dan keamanan
·
Menyebutkan contoh kerjasama dibidang
pendidikan
|
29,30
31
32
|
|||
|
·
Pengaruh
kerjasama terhadap kehidupan ASEAN
|
|
· Mengidentifikasi kerjasama dalam bidang ekonomi anggota
ASEAN
· Mengidentifikasi interaksi antar ruang dalam kehidupan
sosial anggota ASEAN
· Memahami dampak negatif dari konversi lahan pertanian
menjadi lahan permukiman
|
33
34
35
|
|||
|
2.
|
3.2 Menganalisis
pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial dan kebangsaan
|
|
·
Mobilitas
sosial
|
|
· Memahami tentang pengertian mobilitas Sosial
· Mengidentifikasi bentuk-bentuk mobilitas sosil
· Mengidentifikasi faktor pendorong mobilitas sosial
· Mengidentifikasi faktor penghambat mobilitas soail
· Memahami saluran-saluran mobilitas sosial
· Dampak positif mobilitas sosial
· Dampak negatif mobilitas sosial
|
36
37,38,39
40
41
42
43
44
|
|
·
Pluralitas
(agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia
|
|
· Mengidentifikasi
pluralitas kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia
· Memahami7unsur kebudayaan secara universal
|
45
46,
|
|||
|
·
Konflik dan integrasi.
|
|
· Memahami pengertian konflik menurut para ahli
· Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab konflik
· Memahami bentuk-bentuk integrasi sosial
· Mengidentifikasi proses intregasi sosial
|
47,
48
49
50
|
Tim
MGMP IPS
Komentar
Posting Komentar