BUKU PEDOMAN TEKNIS PEMBUATAN INOVASI "LIDAH TAPIS"
BUKU PEDOMAN TEKNIS
PEMBUATAN INOVASI "LIDAH TAPIS"
SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG
Tahun Pelaksanaan: 2023
KATA PENGANTAR
Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas terselenggaranya kegiatan inovasi budaya melalui projek "Lidah Tapis" yang dilaksanakan di SMP Negeri 8 Bandar Lampung pada tahun 2023. Buku pedoman teknis ini disusun sebagai acuan bagi guru, siswa, dan pihak terkait dalam merancang dan melaksanakan projek berbasis budaya lokal yang kreatif dan edukatif. Semoga buku ini menjadi langkah nyata dalam pelestarian nilai-nilai kearifan lokal Lampung di lingkungan pendidikan.
Bandar Lampung, Desember 2023
Kepala SMPN 8 Bandar Lampung
(Tanda tangan dan nama)
DAFTAR ISI
1.Latar Belakang
2.Tujuan Inovasi
3.Sasaran Kegiatan
4.Waktu dan Tempat Pelaksanaan
5.Langkah-Langkah Kegiatan
6.Alat dan Bahan
7.Desain Produk
8.Penilaian Kegiatan
9.Dokumentasi
10.Penutup
1. LATAR BELAKANG
Kain tapis sebagai warisan budaya khas Lampung memiliki nilai historis, estetika, dan filosofi yang tinggi. Namun, generasi muda saat ini kurang terpapar dengan warisan budaya tersebut. Untuk memperkenalkan tapis dalam bentuk yang lebih praktis dan menarik bagi pelajar, SMPN 8 Bandar Lampung mencetuskan inovasi "Lidah Tapis".
Lidah Tapis adalah miniatur ornamen tapis berbentuk hiasan atau aksesori kecil, seperti gantungan kunci, bros, dan pembatas buku. Inovasi ini menggabungkan kreativitas, nilai budaya, dan keterampilan tangan yang relevan dengan pendidikan karakter dan penguatan Profil Pelajar Pancasila.
2. TUJUAN INOVASI
1. Memperkenalkan motif tapis kepada siswa dalam bentuk yang sederhana dan aplikatif.
2.Mendorong kreativitas dan keterampilan tangan siswa.
3,Menanamkan nilai cinta budaya lokal dan semangat berwirausaha.
4. Menjadikan produk inovatif sebagai media promosi budaya di sekolah.
3. SASARAN KEGIATAN
1. Seluruh siswa kelas VII dan VIII
2. Guru pendamping kegiatan
3. Komunitas sekolah (wali kelas, wali murid, dan pengunjung pameran budaya)
4. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Waktu Pelaksanaan:
Kegiatan dilaksanakan dalam satu hari, dengan estimasi durasi 4–5 jam.
Tempat Pelaksanaan:
Ruang kelas/kreativitas, halaman sekolah, atau aula sesuai kebutuhan kegiatan.
5. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Tahapan Kegiatan Pembuatan Lidah Tapis:
1. Persiapan Awal
2.Penjelasan tujuan dan manfaat kegiatan
o
3.Pembagian kelompok kerja
4.Pembagian alat dan bahan
Pembuatan Pola dan Desain
Mendesain bentuk lidah tapis
Memilih motif tapis yang akan digunakan
Pemotongan dan Perakitan
Memotong kain sesuai pola
Menempelkan kain pada alas karton atau kain dasar
Menambahkan gantungan/peniti sesuai jenis produk
Finishing
Dekorasi tambahan (pita, manik-manik)
Pengecekan kerapihan dan kekuatan perekat
Pemberian nama/label produk
Presentasi dan Pameran Hasil Karya
Setiap kelompok mempresentasikan karya
Pameran produk di galeri sekolah atau kelas
6. ALAT DAN BAHAN
No | Alat | Fungsi |
1 | Gunting | Memotong kain dan karton |
2 | Lem tembak | Menempelkan bahan |
3 | Pensil & penggaris | Menggambar pola |
4 | Alas potong | Menjaga meja tetap aman |
No | Bahan | Keterangan |
1 | Kain tapis sintetis | Bahan utama ornamen |
2 | Karton tebal | Alas untuk motif tapis |
3 | Peniti/gantungan | Untuk dijadikan bros/gantungan |
4 | Pita/aksesori | Hiasan tambahan |
7. DESAIN PRODUK
Tipe produk inovasi Lidah Tapis meliputi:
8. PENILAIAN KEGIATAN
Aspek Penilaian:
Kreativitas desain dan warna
Kerapihan dan teknik pengerjaan
Kerja sama kelompok
Pemahaman terhadap nilai budaya tapis
Kemampuan presentasi produk
Skor diberikan dalam rentang 1–4, dengan bobot berbeda sesuai aspek.
9. DOKUMENTASI
Kegiatan wajib didokumentasikan dalam bentuk:
Foto proses pembuatan
Foto hasil karya
Video testimoni siswa
Laporan hasil evaluasi dari guru pendamping
10. PENUTUP
Pedoman teknis ini disusun untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan inovatif berbasis budaya lokal yang aplikatif dan menarik bagi siswa. Diharapkan, melalui kegiatan "Lidah Tapis", siswa tidak hanya memperoleh keterampilan, namun juga menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya daerah sebagai bagian dari identitas nasional.
Komentar
Posting Komentar