BUKU PEDOMAN TEKNIS PEMBUATAN INOVASI "LIDAH TAPIS"

 

BUKU PEDOMAN TEKNIS

PEMBUATAN INOVASI "LIDAH TAPIS"

SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG

Tahun Pelaksanaan: 2023


KATA PENGANTAR

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas terselenggaranya kegiatan inovasi budaya melalui projek "Lidah Tapis" yang dilaksanakan di SMP Negeri 8 Bandar Lampung pada tahun 2023. Buku pedoman teknis ini disusun sebagai acuan bagi guru, siswa, dan pihak terkait dalam merancang dan melaksanakan projek berbasis budaya lokal yang kreatif dan edukatif. Semoga buku ini menjadi langkah nyata dalam pelestarian nilai-nilai kearifan lokal Lampung di lingkungan pendidikan.

Bandar Lampung, Desember 2023
Kepala SMPN 8 Bandar Lampung
(Tanda tangan dan nama)


DAFTAR ISI

1.Latar Belakang

2.Tujuan Inovasi

3.Sasaran Kegiatan

4.Waktu dan Tempat Pelaksanaan

5.Langkah-Langkah Kegiatan

6.Alat dan Bahan

7.Desain Produk

8.Penilaian Kegiatan

9.Dokumentasi

10.Penutup

 

 

 

1. LATAR BELAKANG

Kain tapis sebagai warisan budaya khas Lampung memiliki nilai historis, estetika, dan filosofi yang tinggi. Namun, generasi muda saat ini kurang terpapar dengan warisan budaya tersebut. Untuk memperkenalkan tapis dalam bentuk yang lebih praktis dan menarik bagi pelajar, SMPN 8 Bandar Lampung mencetuskan inovasi "Lidah Tapis".

Lidah Tapis adalah miniatur ornamen tapis berbentuk hiasan atau aksesori kecil, seperti gantungan kunci, bros, dan pembatas buku. Inovasi ini menggabungkan kreativitas, nilai budaya, dan keterampilan tangan yang relevan dengan pendidikan karakter dan penguatan Profil Pelajar Pancasila.


2. TUJUAN INOVASI

1. Memperkenalkan motif tapis kepada siswa dalam bentuk yang sederhana dan aplikatif.

2.Mendorong kreativitas dan keterampilan tangan siswa.

3,Menanamkan nilai cinta budaya lokal dan semangat berwirausaha.

4. Menjadikan produk inovatif sebagai media promosi budaya di sekolah.

 

3. SASARAN KEGIATAN

1. Seluruh siswa kelas VII dan VIII

2. Guru pendamping kegiatan

3. Komunitas sekolah (wali kelas, wali murid, dan pengunjung pameran budaya)

 

4. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Waktu Pelaksanaan:
Kegiatan dilaksanakan dalam satu hari, dengan estimasi durasi 4–5 jam.

Tempat Pelaksanaan:
Ruang kelas/kreativitas, halaman sekolah, atau aula sesuai kebutuhan kegiatan.

 

5. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

Tahapan Kegiatan Pembuatan Lidah Tapis:

1. Persiapan Awal

2.Penjelasan tujuan dan manfaat kegiatan

3.Pembagian kelompok kerja

4.Pembagian alat dan bahan

 

Pembuatan Pola dan Desain

Mendesain bentuk lidah tapis

Memilih motif tapis yang akan digunakan

 

Pemotongan dan Perakitan

Memotong kain sesuai pola

Menempelkan kain pada alas karton atau kain dasar

Menambahkan gantungan/peniti sesuai jenis produk

 

Finishing

Dekorasi tambahan (pita, manik-manik)

Pengecekan kerapihan dan kekuatan perekat

Pemberian nama/label produk

Presentasi dan Pameran Hasil Karya

Setiap kelompok mempresentasikan karya

Pameran produk di galeri sekolah atau kelas

 

 

6. ALAT DAN BAHAN

No

Alat

Fungsi

1

Gunting

Memotong kain dan karton

2

Lem tembak

Menempelkan bahan

3

Pensil & penggaris

Menggambar pola

4

Alas potong

Menjaga meja tetap aman

 

No

Bahan

Keterangan

1

Kain tapis sintetis

Bahan utama ornamen

2

Karton tebal

Alas untuk motif tapis

3

Peniti/gantungan

Untuk dijadikan bros/gantungan

4

Pita/aksesori

Hiasan tambahan


7. DESAIN PRODUK

Tipe produk inovasi Lidah Tapis meliputi:


8. PENILAIAN KEGIATAN

Aspek Penilaian:

Kreativitas desain dan warna

Kerapihan dan teknik pengerjaan

Kerja sama kelompok

Pemahaman terhadap nilai budaya tapis

Kemampuan presentasi produk

 

Skor diberikan dalam rentang 1–4, dengan bobot berbeda sesuai aspek.


9. DOKUMENTASI

Kegiatan wajib didokumentasikan dalam bentuk:

Foto proses pembuatan

Foto hasil karya

Video testimoni siswa

Laporan hasil evaluasi dari guru pendamping

 

10. PENUTUP

Pedoman teknis ini disusun untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan inovatif berbasis budaya lokal yang aplikatif dan menarik bagi siswa. Diharapkan, melalui kegiatan "Lidah Tapis", siswa tidak hanya memperoleh keterampilan, namun juga menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya daerah sebagai bagian dari identitas nasional.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LKPD dengan Bahan Ajar Materi Lembaga Sosial

Bahan Ajar Dinamika Sosial (IPS SMP Kelas 8 ) @SMPN8Bandarlampung

Tugas Mata Pelajaran IPS , Kelas 8