SOP PEMBUATAN INOVASI “LIDAH TAPIS LAMPUNG”
PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG
SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG
Jl. Untung Suropati Gg.Bumi Manti II No.16 Kampung Baru Kecamatan Labuhan Ratu.
Nomor: 420/ 6052C/IV.40/II.8/2023
SOP PEMBUATAN INOVASI “LIDAH TAPIS LAMPUNG”
SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun 2023
1. Latar Belakang
Untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya lokal tapis Lampung kepada siswa secara kreatif dan menyenangkan, SMP Negeri 8 Bandar Lampung mengembangkan inovasi edukatif berupa Lidah Tapis Lampung. Inovasi ini berupa stiker “lidah” pada botol atau makanan ringan, dihiasi motif tapis dan informasi budaya singkat.
2. Tujuan SOP
Sebagai panduan pelaksanaan pembuatan dan peluncuran inovasi Lidah Tapis Lampung secara cepat, efektif, dan efisien.
3. Ruang Lingkup
Pembuatan desain, produksi, dan penyebaran media edukatif “Lidah Tapis Lampung” di lingkungan sekolah.
4. Waktu Pelaksanaan
Total waktu pengerjaan: 1–2 hari
· Hari ke-1: Desain, cetak, dan persiapan tempel
· Hari ke-2: Pemasangan dan peluncuran (bisa digabung dalam 1 hari bila tim siap)
5. Pihak Terkait
· Tim Inovasi Budaya Sekolah
· Guru Seni Budaya / Bahasa
· Siswa perwakilan OSIS / kelas
· Wali Kelas dan Kepala Sekolah
6. Alur dan Tahapan Pelaksanaan
No | Tahapan Kegiatan | Penanggung Jawab | Waktu | Output |
1 | Sosialisasi tujuan inovasi kepada tim | Waka Kesiswaan & Tim Budaya | 1 jam | Semua pihak memahami konsep “Lidah Tapis” |
2 | Mendesain stiker bertema tapis | Guru SBK + Siswa kreatif | 3 jam | 3–5 desain stiker dengan motif tapis Lampung |
3 | Menulis informasi budaya singkat | Guru Bahasa/Literasi | 2 jam | Teks singkat tentang tapis (dwi bahasa) |
4 | Pencetakan stiker (warna, A4/kertas label) | Tim Cetak / Operator | 2 jam | Stiker siap potong/tempel |
5 | Pemotongan dan pelabelan | Siswa dan guru pendamping | 1–2 jam | Stiker menempel di botol/kotak makanan |
6 | Peluncuran dan dokumentasi kegiatan | Kepala Sekolah & Tim | 1–2 jam | Launching resmi di depan warga sekolah |
7. Bahan dan Peralatan
· Laptop & printer warna
· Kertas stiker/label ukuran A4
· Gunting/pemotong
· Desain digital motif tapis (bisa dari Canva/Corel/PowerPoint)
· Informasi budaya (1–2 kalimat)
· Botol minum atau kotak makanan milik siswa
8. Evaluasi dan Dokumentasi
· Dokumentasi kegiatan berupa foto/video
· Pengumpulan hasil karya siswa (bisa dinilai sebagai tugas seni/literasi)
· Umpan balik dari siswa dan guru
9. Penutup
SOP ini dirancang untuk mendukung pelestarian budaya lokal secara menyenangkan dan praktis melalui pendekatan visual dan keseharian siswa. Diharapkan inovasi ini dapat terus dikembangkan dan direplikasi oleh sekolah lain.
Komentar
Posting Komentar